www.upi.edu Cara Daftar PDSS SNMPTN UPI 2018

blogger templates
www.upi.edu Cara Daftar PDSS SNMPTN UPI 2018 ~ Bagi yang ingin kuliah di UPI maka disini kami akan berbagi mengenai Cara Pendaftaran Kuliah Jalur SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara pendaftaran kuliah jalur SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia, kalian bisa simak ulasan berikut ini.

SNMPTN UPI 2018

Universitas Pendidikan Indonesia atau dikenal UPI, ini kampus utamanya berada di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. UPI sejak tahun 2012 berstatus sebagai Perguruan Tinggi yang berada dibawah pemerintahan, bukan lagi sebagai BHMN atau Badan Hukum Milik Negara.

UPI memang pada dasarnya kampus keguruan yang bisa kalian pilih. Untuk itu kali ini aka diulas tentang Tata Cara Pendaftaran Kuliah Jalur SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia. Jadi sebaiknya bagi kalian yang belum memahami cara pendaftaran jalur masuk kuliah ke PTN lewat jalur raport bisa menyimaknya disini.

Tentang UPI dan segala seluk beluk kampusnya sebenarnya kalian bisa mengaksesnya untuk mengetahui informasinya lebih dalam di website resmi UPI yakni http://www.upi.edu/ diwebsite tersebut kalian bisa menggali informasi apapun tentang UPI karena semua infromasi terbaru UPI berada disana. Jalur masuk apa saja yang berada di kampus ini juga bisa kalian ketahui lho di website resminya, tentu saja salah satunya adalah jalur SNMPTN yang selanjutnya akan dibahas dalam artikel ini. Baca sampai habis ya!

Sedikit Ulasan Mengenai SNMPTN UPI Tahun Lalu

Pada tahun sebelumya Universitas Pendidikan Indonesia atau yang sering disebut dengan UPI memiliki jumlah pendaftar calon mahasiswa yang cukup tinggi yakni sebanyak 28.901 peserta dari jalur SNMPTN, dari total tersebut peserta yang lolos hanya sebanyak 2.133 peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Universitas Pendidikan Indonesia.

Dari Jumlah sebanyak 2.133 calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN di UPI, sebanyak 435 diantaranya merupakan peserta dari Bidikmisi. Yaitu program yang dibuat dengan bertujuan untuk menjaring siswa yang berprestasi namun memiliki kondisi ekonomi yang kurang mampu. Untuk mahasiswa dari Bidikmisi ini, pihak panitia akan melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk menyatakan kelayakan calon mahasiswa sebelum ditetapkan melalui keputusan Rektor UPI.
Universitas Pendidikan Indonesia menerima calon mahasiswa melalui 3 jalur. Yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN‎, dan Seleksi Mandiri (SM). Dari 3 jalur tersebut, UPI akan berencana unutk menerima calon mahasiswa baru sebanyak 6.957 calon mahasiswa dengan pembagian 30% melalui jalur SNMPTN, 40% jalur SBMPTN, dan 30% melalui jalur SM UPI.

Ketentuan tersebut dibuat dengan berdasarkan Peraturan Menteri Ristek Dikti Nomor 126 tahun 2016 mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana di Perguruan Tinggi Negeri. Dan untuk peserta calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN, pihak panitia pusat membatasi kuota sekolah berdasarkan dengan akreditasi sekolahnya.

Jadi bagi anda yang akan mencoba daftar melalui jalur SNMPTN di Universitas Pendidikan Indonesia perlu mengetahui informasi berikut bahwa pendaftar SNMPTN juga dipengaruhi oleh kebijakan pusat terkait akreditasi sekolah. Contoh, sekolah dengan akreditasi A diperbolehkan untuk mendaftarkan 50% siswa yang telah lulus melalui SNMPTN, jika untuk akreditasi B diperbolehkan mendaftarkan sebanyak 25% dan untuk akreditasi C diperbolehkan sebanyak 10%. Sedangkan peminat siswa untuk masuk ke UPI melalui jalur SNMPTN cukup tinggi rasionya yaitu 1:13 dan telah menempati urutan ke  8 nasional.

Cara Pendaftaran Kuliah Jalur SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia

1. Ketentuan Umum Mendaftar SNMPTN di UPI

Secara umum cara pendaftaran kuliah Jalur SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia, dapat digunakan untuk mendaftar pada PTN lainnya juga. Berikut ini merupakan ketentuan umum pendaftaran SNMPTN bagi siswa dan sekolahnya:

Pengertian SNMPTN
SNMPTN adalah sebuah seleksi untuk memasuki PTN yang didasarkan oleh prestasi akademik berdasarkan data nilai rapor kelas X semester ganjil sampai dengan semester 5 atau kelas XII semester ganjil bagi sekolah SMA/MA/SMK  dan lama studi 3 tahun. Atau dari semester 1 sampai semester 7 atau lama studi 4 tahun bagi SMK disertakan juga portofolio akademik.

Pengertian PDSS
PDSS (Pangkalan data sekolah dan siswa) adalah sistem data untuk mengunggah rekam data prestasi siswa dan sekolah secara umum.

Ketentuan Umum Sekolah dan Siswa
a) Sekolah yang hendak mendaftarkan siswanya untuk mendaftar jalur SNMPTN harus memiliki NPSN atau (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan mengentri data prestasi akademik siswanya di PDSS
b) Para siswa yang ingin mendaftar SNMPTN diharuskan memiliki NISN dari sekolah, telah ada datanya di PDSS, dan masuk dalam posisi peringkat atas disekolahnya.
c) Para siswa yang ingin mendaftar SNMPTN juga diwajibkan untuk membaca informasi di website resmi PTN yang akan dia pilih, yang berhubungan dengan penerimaan maba.

2. Pemeringkatan dan Pendaftaran SNMPTN

a) Pemeringkatan akan dilakukan oleh panitia pusat SNMPTN yang didasarkan oleh nilai masing-masing mapel pada jurusan siswa saat di Sekolah SMA dan sederajat seperti ini:
1) Jurusan IPS: Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi
2) Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia, Biologi dan Fisika.
3) Jurusan Bahasa: Bahasa Inggris, Matematika, Antropologi, Sastra Indonesia, Bahasa Indonesia, Pilihan Bahasa Asing.
4) Tingkat SMK: Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia, Kompetensi Keahlian di masing-masing jurusan (Materi Teori dan Praktek Kejuruan)

b) Setelah dilakukan pemeringkatan, siswa yang memenuhi kriteria prestasi akademik diijinkan melakukan pendaftaran SNMPTN berdasarkan akredetasi sekolah adalah sbagai berikut:
1) Peringkat 50% terbaik yang lolos dari sekolah berakredtasi A
2) Peringkat 30% terbaik yang lolos dari sekolah berakedetasi B
3) Peringkat 10% terbaik yang lolos dari sekolah berakredetasi C
4) Peringkat 5% terbaik yang lolos dari sekolah yang belum berakredetasi
c) Siswa yang lolos pemeringkatan diperbolehkan mendaftar secara online di website resmi http://web.snmptn.ac.id dengan mengisi segala kebutuhan yang dipersyaratkan.

Setelah mengetahui bagaimana Cara Pendaftaran Kuliah Jalur SNMPTN Universitas Pendidikan Indonesia yang sangat mudah ini, kalian bisa dengan mudah mengikutinya. Selamat mendaftar, semoga lolos seleksi !

0 Response to "www.upi.edu Cara Daftar PDSS SNMPTN UPI 2018"

Posting Komentar