Pengumuman SNMPTN Serentak Secara Online

blogger templates
PDSS 2018 | Persiapan menantikan pengumuman bagi yang sudah ikut seleksi SNMPTN 2018 selengkapnya di Pengumuman SNMPTN Serentak Secara Online, lihat pengumuman SNMPTN 2018 disini.

Setelah penantian yang cukup panjang maka pengumuman SNMPTN itu semakin dekat dan berikut kami akan berbagi mengenai cara akses pengumuman kelulusan SNMPTN 2018 secara online dan berita lain terkait dengan pengumuman SNMPTN tersebut.

snmptn 2018

Ada beberapa poin penting yang bisa disampaikan disini, dalam proses akses pengumuman SNMPTN 2018, mulai dari penjelasan mengenai cara melihat pengumuman, hingga apa yang harus dilakukan bila saat pengumuman ternyata lulus seleksi.

Nah mengenai cara melihat pengumuman SNMPTN adalah dengan mengunjungi situs pengumuman tersebut yang penjelasan lengkapnya telah diulas di Alamat pengumuman SNMPTN 2018, sedangkan disini akan menjelaskan poin penting lain yang masih berkaitan dengan pengumuman SNMPTN 2018.

Saat pengumuman merupakan momen yang paling tegang sebab saat itulah kita akan mengetahui hasil proses seleksi SNMPTN 2018 yang diikuti dan hasilnya hanya ada 2 yakni lulus atau tidak lulus.

Melihat peluang yang ada maka persaingan tes masuk perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN semakin ketat bahkan ada banyak peminat sehingga kerap kali melampaui daya tampung yang akan diterima.

Bahkan bila melihat persentasenya maka jauh sekali jumlah antara peserta yang ikut seleksi dengan yang bakal diterima menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri pilihan.

Karena pengumuman tersebut merupakan momen penting yang mendebarkan maka ada baiknya jika sebelum pengumuman SNMPTN resmi keluar harus mempersiapkan mental terlebih dahulu karena memang saat harapan ingin lulus tidak tercapai tentu akan meninggalkan kecewa yang cukup mendalam.

Saat seleksi telah berlangsung diharapkan semua peserta yang telah mengetahui pengumuman bisa menerima hasilnya itu dengan lapang dada sebab nantinya akan ada peluang lain untuk masuk PTN sehingga tidak lulus SNMPTN bukanlah akhir dari segalanya.

Selain mental seperti yang disampaikan sebelumnya tadi ada persiapan lain yang memang harus dipenuhi oleh peserta yang akan mengakses pengumuman online SNMPTN 2018 yakni berkas administrasi untuk proses akses pengumuman.

Adapun yang dimaksud dengan berkas adsministrasi itu bukanlah kita harus lakukan registrasi melainkan kartu peserta yang berisi dengan nomor peserta SNMPTN guna pengecekan di situs pengumuman resmi SNMPTN 2018.

Nah sebelum mengakses pengumuman maka ada kriteria kelulusan yang harus dipahami oleh peserta SNMPTN 2018 yaitu seleksi di pilihan pertama saat mendaftar misal saat pendaftaran ada 2 jurusan yang dipilih katakanlah pilihan 1 adalah jurusan kedokteran kemudian pilihan 2 jurusan keguruan, nah yang dimaksud dengan seleksi di pilihan pertama adalah yang lulus seleksi di pilihan pertama yakni kedokteran.

Alternatif lain yang berlaku untuk pilihan kedua adalah seleksi dengan pilihan pertama tidak lulus maka seleksi didasarkan pada pilihan kedua di 2 pilihan program studi saat mendaftar di situs SNMPTN namun tetap disesuaikan dengan kuota daya tampung yang ada.

Bila dilihat dari apa yang terjadi pada tahun sebelumnya saat tes seleksi SNMPTN berlangsung ada beberapa hasil yang bisa dijadikan pandangan terhadap ketatnya seleksi SNMPTN 2018.

101.906 Siswa Lulus Seleksi SNMPTN

Ingat ini tahun lalu ya bukan tahun sekarang langsung dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) resmi diumumkan bahwa jumlah sebanyak 101.906 calon mahasiswa yang lulus proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Bila dibandingkan dengan jumlah pendaftar ternyata persaingannya SNMPTN sangat ketat bahkan kelulusan dengan total adalah 101.906 merupakaan penyaringan dari jumlah sebelumnya 517.166 siswa yang mengikuti SNMPTN.

Tampaknya banyaknya peminat ini bisa saja dipengaruhi oleh pendaftaran SNMPTN yang bebas biaya administrsi sehingga sangat banyak pendaftar yang memang mengikuti SNMPTN karena tak ada biaya admin.

Seleksi yang dilakukan pun memang didasarkan pada administrasi nilai rapor yang menerangkan prestasi akademik, bukan hasil ujian nasional (UN).

27.058 Peserta Lulus SNMPTN Ikut Program Bidikmisi

Dari total 101.906 peserta yang telah lulus tahun lalu ternyata sebagian diantaranya merupakan orang yang sangat beruntung karena lulus program bidikmisi setidaknya ada 27 ribu orang peserta SNMPTN yang lulus merupakan calon mahasiswa yang terdaftar dalam Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Bagi Mahasiswa Berpestasi) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Yang menarik memang dari pengumuman SNMPTN sebelumnya ada 10 dari 78 PTN yang paling banyak menerima calon mahasiswa yang berstatus peserta Bidikmisi.

1. Universitas Halu Uleo, 1.477 peserta
2. Universitas Negeri Padang, 1.246 peserta
3. Universitas Negeri Manado, 906 peserta
4. Universitas Diponegoro, 797 peserta
5. Universitas Negeri Semarang, 757 peserta
6. Universitas Syah Kuala, 737 peserta
7. Universitas Jambi, 691 peserta
8. Institut Pertanian Bogor, 676 peserta
9. Universitas Sebelas Maret, 644 peserta
10. Universitas Negeri Gorontalo, 593 peserta.

Ini Daftar Siswa yang Lolos SNMPTN 2018

Jika dari tadi banyak juga yang membahas mengenai SNMPTN tahun sebelumnya maka bagaimana dengan SNMPTN tahun 2018 ini bisa cek disini di pdss2018.com

0 Response to "Pengumuman SNMPTN Serentak Secara Online"

Posting Komentar